metode pembelajaran bahasa inggris


Dalam proses belajar dan mengajar bahasa inggris, ada beberapa metode yang sering digunakan untuk belajar bahasa diantaranya:

1. Direct method
Direct method adalah metode belajar secara langsung menggunakan bahasa inggris tanpa bahasa Indonesia. Metode ini menekankan pada kemampuan berbicara, sehingga aturan grammar tidak terlalu dihiraukan.

2. Structural approach
Structural approach adalah metode yang mempelajari aturan kebahasaan atau grammar dari yang paling mendasar hingga meningkat ke yang lebih kompleks

3. Total Physical Response
Metode ini menekankan pada kata perintah yang menyertakan bahasa tubuh, seperti "silahkan berdiri" "angkat tanganmu". Nah dari perintah-perintah diatas dan diikuti gerakannya yang diperaktekkan secara langsung.

4. Grammar translation
Sesuai dengan namanya metode ini menekankan pada susunan tata bahasa yang diterjemahkan. Murid akan belajar menghafal dan menyusun kalimat sesuai dengan aturan tata bahasa, lalu kemudian menterjemahkannya ke bahasa lain. Dengan kata lain metode ini menekankan aturan rumus kebahasaan untuk menerjemahkan kalimat.

5. Silent way
Metode ini menuntut agar muridnya lebih aktif. Guru hanya memeberikan sedikit arahan selebihnya murid yang akan berbicara bahsa asing secara aktif. Namun sebelum itu biasanya akan diperikan pemahaman terlebih dahulu atas apa yang akan dibicarakan murid.

Audio lingual method
Metode yang menekankan pembelajaran dengan mendengar bahasa baru, contohnya saat mendengar percakapan, lalu murid akan memahami sendiri melalui mimik, gaya, expressi dll. Sama halnya seperti anak kecil yang mempelajari bahasa ibunya hanya dari mendengar. Kemudian baru selanjutnya dilaksanakan kegiatan membaca dan menulis

Nah itulah metode-metode belajar bahasa inggris yang popular. Setiap metode tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan pemakaian metode yang tepat tentu akan berdampak pada keberhasilan dalam proses belajar-mengajar. Selain metode pengajaran bahasa yang populer diatas tentu masih ada banyak metode belajar bahasa lainnya seperti, sugestopedia, communicative language teaching, immersion, natural approach, dll.
Previous
Next Post »