akhir dari sebuah kehidupan


Setiap awal pasti ada akhir, setiap pertemuan pasti ada perpisahan, ya memang seperti itulah hukum di dunia ini. Dari awal masa kita dilahirkan hingga kita dewasa mungkin sudah sangat banyak pengalaman hidup yang kita rasakan, baik itu senang maupun sedih.

Dulu ketika saya masih berusia 5 tahun sayang berfikir bagaimana rasanya jika berada pada usia 20 tahun. Dulu saya berfikir untuk mencapai usia 20 tahun sangatlah jauh dan panjang. Namun saat ini ketika saya berusia 21 tahun rasanya waktu yang saya lalui sangatlah cepat. Saya merasa bahwa pertambahan usia saya dari 5 hingga 20 begitu cepat tidak seperti halnya ketika saya berusia 5 tahun dan berfikir bahwa menuju ke usia 20 tahun sangatlah jauh.

Di usia saya saat ini saya juga berfikir sepertinya untuk mencapai umur 40 tahun itu masih lama. Rasanya saya akan menikmati masa muda ini dengan waktu yang sangat lama hingga usia 40. Tetapi lain halnya dengan perasaan orang tua saya. Yang berkata bahwa rasanya saya baru saja berusia 20 tahun dan kamu masih menangis layaknya seorang bayi kecil di pangkuan ku. Begitulah perkataan orang tua saya yang saat ini yang sudah berusia 40 tahunan.

Ternyata umur manusia berjalan begitu cepat. Begitu pula momen-momen yang kita rasakan semuanya akan berakhir apapun itu, baik kekayaan kita, orang yang kita sayangi, maupun kedudukan kita. Semua akan ada akhirnya...

Mungkin suatu saat kita akan menderita sakit sehingga tidak dapat menikmati harta kita, mungkin juga kita akan pensiun dari kedudukan kita yang tinggi di suatu masa karena kita sudah lanjut usia, kita juga suatu saat pasti akan berpisah dari orang-orang yang kita pernah jumpai dan pernah kita sayangi.

Hingga akhir dari suatu perjalanan hidup kita ini adalah kematian yang jelas semua nya akan kita tinggalkan, kecuali iman kita kepada Allah dan amal kita selama di dunia ini.
Previous
Next Post »