Pemenggalan kata bahasa indonesia

Untuk melakukan pemenggalan kata tidaklah mudah banyak hal hal yang perlu diketahui sebelum kita melakukannya, berikut adalah beberapa cara untuk memenggalkan kata:

1.  Jika ditengah tengah kata terdapat huruf vokal(a,i,u,e,o) yang bersamaan, maka jika kita ingin memenggalnya haruslah dilakukan diantara kedua kalimat tersebut.

laut = la-ut                         peot = pe-ot               diet = di-et

untuk huruf diftong tidak boleh dipisahkan seperti ( ai, au, dan oi, ) oleh karena itu kita tidak boleh melakukan pemenggalan kata diantara kalimat tersebut. misalnya

sauna menjadi = sau-na      bukanlah = sa-una


2. Jika ditengah tengah kata terdapat huruf konsonan maka cara letak pemenggalannya adalah dibelakang huruf konsonan tersebut. contoh:

bukit = ( U dan I adalah huruf vokal, sedangkan K adalah huruf konsonan yang berada di tengah ditangah tengah kalimat) maka hasil pemenggalannya adalah   bu-kit

3. Jika pada tengah tengah kata terdapat huruf konsonan yang berurutan, maka pemenggalan kata akan terjadi diantara dua huruf konsonan tadi contohnya:

Bungsu  =  Bung-su           Pintar = Pin-tar                  Sumsum = Sum-sum    


4. Jika pada kata terdapat tiga huruf konsonan atau lebih maka pemenggalan terjadi pada huruf konsonan yang pertama dan huruf konsonan yang kedua contoh:

abstrak maka pemenggalannya ab-strak        ikhlas = ikh-las

nah itulah beberapa pemenggalan kata bahasa Indonesia
Previous
Next Post »