pilih IELTS atau TOEFL




IELTS dan TOEFL sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa inggris. Tujuannya dari tes ini pun beragam, ada yang menggunakannya sebagai syarat beasiswa, melamar pekerjaan, syarat menjadi imigran dan sebagainya. Jika ditanya baiknya pilih TOEFL atau IELTS maka jawabannya adalah tergantung Negara apa yang menjadi tujuan anda.

Jika anda berniat untuk pergi ke Negara bagian Amerika, maka TOEFL bisa menjadi pilihan. Selain itu ujian TOEFL pun lebih ke American English. Kebanyakan dari kita pun lebih familiar dengan American English

Jika Inggris  atau Australia adalah target anda, maka IELTS lah yang lebih cocok untuk anda ambil. Tes jenis ini lebih mengarah ke British English walaupun terkadang ada juga accent lain yang digunakan.

Dibalik itu semua, saat ini lebih banyak persyaratan Bahasa Inggris yang menggunakan IELTS. Biasanya untuk persyaratan beasiswa rata-rata sudah menggunakan IELTS. Hampir di semua Negara menerima IELTS sebagai syarat kemahiran berbahasa, namun ada beberapa yang tidak menerima TOEFL terutama TOEFL jenis ITP. Namun untuk TOEFL IBT masih sering digunakan.

Khusus untuk Negara Indonesia, saat ini masih mengedepankan TOEFL daripada IELTS. Contohnya saja saat melamar kerja. Tetap biasanya IELTS selalu bisa digunakan dimana score nya bisa disetarakan dengan TOEFL.

Nah tes IELTS atau TOEFL kedua-duanya sama-sama acceptable, tinggal anda pilih salah satunya sesuai dengan kemahiran dan tujuan anda.

Untuk pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.
Previous
Next Post »