cara cek madu asli


Madu asli memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Selain itu madu juga dikenal dengan obat penyembuh segala penyakit. Namun dikarenakan harga madu yang sangat mahal dan sudah menjadi barang langka banyak pihak-pihak yang mulai memalsukan madu. Mereka mencampurkannya dengan berbagai bahan, bahkan ada madu yang 100% palsu dengan kata lain cairan tersebut bukanlah madu melainkan air yang dibuat serupa seperti madu.
Tentu untuk mendapatkan efek baik dari madu kita harus mengkonsumsi madu yang asli. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara membedakan madu yang asli dan palsu.

Ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengetes keaslian madu antara lain

1. Membekukan madu di lemari es
Cara yang satu ini paling mudah untuk dilakukan karena tidak susah. Cukup memasukkan madu ke dalam lemari es dan lihat hasilnya. Madu asli tidak akan membeku walaupun berada di lemari es, sebaliknya madu palsu akan membeku.

2. Mendidihkan madu
Cara yang satu ini juga tergolong simple, cukup tuangkan madu kedalam mangkuk kecil atau ke sedok, kemudian didihkan madu tersebut dengan api. Madu asli akan menimbukan bisa yang sangat banyak bahkan akan tumpah dari sendok. Sebaliknya madu palsu hanya akan menimbulkan busa yang sedikit bahkan tidak sampai tumpah dari sendok.

3. Teteskan madu kedalam gelas yang berisi air
Ambil madu kira-kira satu sendok teh, kemudian tuangkan madu tersebut kedalam gelas yang berisi air tadi. Lihat dan perhatikan jika madu yang di teteskan tadi tetap utuh sampai ke dasar gelas maka madu tersebut asli, namun apabila madu menyebar dan bercampur dengan air, madu tersebut bukanlah madu asli.

4. Uji dengan kertas
Tuangkan madu ke atas kertas putih, jika kertas tersebut masih kuat dan utuh maka madu tersebut asli, namun jika kertas menjadi rapuh dan mudah sobek seperti terkena air maka madu tersebut palsu.

Nah itulah beberapa cara mudah untuk menguji keaslian madu, setelah mengetahui cara-cara tersebut ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu keaslian madu sebelum dikonsumsi. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Zameda Igga
admin
September 28, 2014 at 7:17 AM ×

halo sob.. masih rajin ngeblog aja nih :)
boleh donk di share motivasinya buat rajin ngeblog coz ane udah ga bersemangat lg buat ngeblog :(

btw,, untuk yg nomor 3 dan 4 diatas ga selalu benar, tergantung dari jenis madu atau kandungan air dalam madunya karena terkadang ada jg madu yg memang banyak airnya, disamping itu sekarang banyak juga madu palsu yg udah diakali dengan kandungan tertentu agar mempunyai sifat seperti madu asli sehingga saat dilakukan test seperti no 3 dan 4 akan terlihat seperti madu asli, ane lupa apa nama kandungan zat tersebut :)

ane pernah baca juga, sekaligus menambahkan dari point diatas untuk uji keaslian madu yg paling akurat itu dengan cara uji pengawetan bahan makanan misal ikan dengan madu, yg ini bisa cek aja di google ane jg agak lupa hehehe ^_^

Congrats bro Zameda Igga you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar