ular laut


Ular laut adalah ular yang memiliki bentuk hampir sama dengan ular biasa hanya saja ular ini hidup di laur. Seperti halnya ular darat ular ini juga bertubuh panjang dan merayap layaknya seekor ular. Perbedaan yang paling mencolok adalah bagian ekor ular ini tidak bulan namun pipih dan biasanya memiliki sisik layaknya ikan. Ular laut dapat dengan mudah ditemukan di seluruh lautan di dunia. Selain itu ular laut memiliki bisa yang sangat kuat. Bisa ular laut memiliki 700 kali racun bisa ular kobra.

Untuk itu kita perlu waspada terhadap ular laut. Ular laut sangat jarang menyerang manusia, biasanya dia hanya menyerang ketika terusik atau untuk mempertahankan diri. Salah satu korban yang paling sering tersengat bisa ular laut andalah para nelayan. Ini sering terjadi ketika sedang menyelam atau saat ular ini tersangkut pada jaring nelayan.

Untungnya mulut ular laut tidak seperti ular darat. Mulutnya sangat kecil sehingga ia tidak bisa menggigit bagian tubuh manusia yang besar. Biasanya manusia sering digigit pada baigian ujung jari. Dan jika hal ini terjadi maka manusia tersebut akan keracunan dengan seketika bahkan akan berakhir dengan kematian yang cepat.

Salah satu jenis ular laut yang sangat beracun adalah jenis erabu. Namun masih banyak jenis-jenis lainnya yang juga perlu kita waspadai.

Selain itu ada juga ular laut yang dapat hidup di daratan contohnya jenis ular lauticoda colubrina. Ular ini adalah jenis hewan amfibi bisa di daut dan di datatan. Seperti halnya ular laut lainnya ekornya juga berbentuk pipih dan memiliki sisik.

Nah itulah sedikit fakta unik tentang ular laut. Setelah kita mengetahui akan bahaya sengatan ular laut ada baiknya kita untuk selalu waspada terutama ketika berada di dalam laut di atas karang maupun di tepi pantai.


Previous
Next Post »