kegiatan melatih daya ingat

8/24/2014

Daya ingat adalah hal yang sangat penting di kehidupan kita. Apalagi buat siswa atau pelajar kemampuan mengingat merupakan hal yang paling utama dalam hal akademis mereka. Nah setiap orang selalu berbeda karakternya, begitu pula daya ingat seseorang, semuanya memiliki perbedaan ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada pula yang lambat. Jika anda terlahir dengan kemampuan daya ingat yang cepat maka anda patut syukuri ini, namun jika kemampuan anda berada pada level sedang atau rendah maka tidak salahnya anda mencoba melakukan beberapa kegiatan berikut untuk mempertajam daya ingat.

1. Cobalah mengingat hal hal yang berada di sekeliling anda contohnya nomor plat teman anda, nama orang-orang yang baru anda jumpai, ataupun nomor hp sahabat anda. Nah dengan cara ini maka daya ingat anda akan terlatih dan bertambah kemampuannya, karena biasanya orang tidak baik ingatannya karena ia malas untuk menggunakan kemampuan mengingatnya.

2. Baca dan tulis. Nah agar kemampuan mengingat anda meningkat anda dapat membaca artikel dan menuliskannya kembali dengan menggunakan bahasa anda. Ini sangat bermanfaat karena orang yang mampu melakukan hal seperti ini ingatannya akan sangat baik dan tajam. Untuk memulainya anda dapat melakukan dengan bacaan yang singkat terlebih dahulu, hingga ketika anda mulai merasa mudah anda cukup tingkatkan ke bacaan yang lebih panjang. Jika anda melakukan hal ini maka tak heran kemampuan akademis anda akan semakin membaik begitu pula daya ingat anda.

3. Instal game memory di hp. Ada banyak sekali game yang dapat membantu ingatan anda baik seperti halnya game flash card

4. Letakkan kunci kendaraan anda di sembarang tempat. Nah saya tidak menyarankan anda dengan tips ini karena mengandung sedikit resiko, tetapi manfaatnya andalah anda akan berusaha mengingat keras di mana posisi kunci anda, ketika anda ingin pergi ke suatu tempat misalnya, nah tentu ini akan melatih ingatan anda dengan sangat ekstrim.

5. Hidup sehat dan makan makanan yang bergizi
Jaga selalu kesehatan anda dengan berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Hindari junk food. Ingat kesehatan sangat berpengaruh pada kemampuan otak anda termasuk kemampuan mengingat.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon