cara mempelajari bahasa baru

8/12/2014
Setiap manusia pastinya membutuhkan suatu interaksi atau komunikasi terhadap orang lain. Nah dalam berkomunikasi tentunya kita akan menggunakan bahasa. Di dunia ada ribuan bahasa yang digunakan oleh manusia dan setiap bahasa memiliki keunikannya sendiri. Nah apakah kita dapat mempelajari bahasa baru, jawabannya tentu ya. Mempelajari bahasa baru itu mudah asalkan kita yakin untuk belajar. Selain itu faktor IQ seseorang juga mempengaruhi lama dan tingkat kemahirannya dalam mempelajari bahasa baru. Untuk itu ada beberapa cara terbaik yang tentunya sangat membantu dalam mempelajari bahasa baru.

1. Berada dalam lingkungan pengguna bahasa
Maksudnya disini adalah anda akan sangat mudah menguasai suatu bahasa jika anda berada dalam lingkungan tersebut. Misalnya jika anda ingin belajar bahasa jepang maka akan sangat baik jika anda berada di jepang. Ini akan sangat membantu karena anda akan selalu berada disekitar pengguna bahasa tersebut, sehingga anda akan belajar secara langsung melalui pendengaran anda dan penyesuaian ucapan terhadap tindakan.

2. Usia
Usia juga sangat menentukan anda dalam menguasai suatu bahasa. Mengapa anak kecil dapat menguasai bahasa ibu kurang dari 5 tahun, karena dalam usia ini tuhan telah menciptakan kita untuk menguasai bahasa dengan sangat cepat. Nah jika usia kita sudah dewasa atau remaja maka penguasaan bahasa pun membutuhkan waktu yang sedikit lama, tetap jika usia anda sudah berada di atas 40an ini akan sangat lambat.


3. Suka
Jika anda memiliki kewajiban untuk menguasai suatu bahasa, cobalah untuk lebih mengenah tentang budaya, kehidupan, keunikan dari pengguna bahasa tersebut agar anda dapat mulai menyukai bahasanya. Jika anda suka maka penguasaan terhadap bahasa baru tersebut akan menjadi lebih mudah.

4. Gunakan metode yang cocok bagi anda
Tanyakan pada ahli bahasa tentang kecenderungan anda dalam mempelajari suatu hal. Ada yang mudah memahami dengan mendengar, namun ada pula dengan membaca. Pemilihan metode yang sesuai akan sangat membantu anda untuk menguasai bahasa.

5. Tingkatkan kemampuan memori anda
Selalu latih otak anda dalam mengingat karena kemampuan memori sangat berpengaruh dalam mempelajari bahasa baru. Seseorang yang lemah ingatannya akan sangat susah untuk menguasai bahasa baru, karena susah dalam mengingat kata kata.

Nah itulah beberapa faktor yang perlu dan sangat penting dalam penguasaan bahasa baru. Ingat bahasa apapun yang akan anda pelajari haruslah disertai dengan niat dan motivasi yang kuat, karena untuk menguasai bahasa baru tidaklah mudah. Nah cara cara belajar bahasa di atas patutlah anda pertimbangkan sebelum anda mempelajari suatu bahasa. Bagi kawan kawan yang mengetahui faktor penting lainnya di dalam cara belajar bahasa mohon menambahnya di kolom komentar demi meningkatkan pengetahuan kita bersama, selamat belajar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon