Berbagai macam bahasa Indonesia

Setiap negara pasti memiliki bahasa masing masing. Tujuan utama bahasa adalah untuk dapat berinteraksi terhadap orang lain. Coba bayangkan saja jika di dunia ini tidak ada satupun bahasa. Bagai mana kita dapat berkomunikasi terhadap orang lain mungkin kita tidak bisa meminta bantuan orang lain dan memaksa kita untuk hidup secara sendiri sendiri. Bahasa bukanlah hanya bahasa saat kita berbicara saja. Banyak bahasa lain seperti bahasa tubuh juga disebut bahasa karena seseorang dapat mengerti dengan apa yang hendak dia sampaikan walaupun dia tidak berbicara.

Di sunia ini sangat banyak berbagai macam ragam bahasa. Dan umumnya setiap negara punya bahasa masing masing. Dan bahasa juga dapat mengalami perubahan atau evolusi evolusi, mungkin penyebabnya adalah karena semua orang telah berbahasa dan mungkin ada beberapa bahasa yang dirubah secara tidak sengaja atau melahirkan sebuah bahasa baru dari kata kata yang sebelumnya tidak ada. Hal ini juga sangat mungkin terjadi apalagi dikalangan anak muda sangat banyak timbulnya bahasa bahasa baru seperti alay, lebay yang sebenarnya kita cari di kamus besar bahasa Indonesia hal ini jelas tidak ditemukan.
Dan juga mungkin karena adanya kesepakatan untuk merubah tata ejaan yang benar atau lebih mudah. Seperti sekarang Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan atau sering dikatakan sesuai dengan ejaan yang benar EYD.

Namun dalam bahasa yang besar biasanya juga terpapar berbagai ragam bahasa, meskipun itu masih dalam konteks bahasa Indonesia tetapi kita sangat dapat merasakan perbedaan yang terjadi. Contohnya orang yang berbahasa batak, dengan orang yang berbahasa jawa. Jelas bahwa apabila mereka kita temukan berdua mereka pasti dapat memahami bahasa satu sama lain. Tetapi dibalik hal itu semua pasti kita dapat melihat dengan kontras yang tinggi terhadap perbedaan dalam mereka berbahasa.

Tahukah kalian bahwa kita dapat menilai tingginya pendidikan seseorang dari gaya atau cara dia berbahasa.
Orang yang memilik pendidikan yang tinggi jelas sekali dia akan menggunakan bahasa yang lebih baku seperti ketika mengatakan film, orang yang berpendidikan rendah biasanya mengatakan dengan pilem atau vilem hahaha, jadi cobalah latihan untuk berbicara yang baik agar menjadi orang yang berpendidikan tinggi.


Dalam penggunaan bahasa juga terdapat istilah yang dikatakan dengan idiolek. Idiolek ialah adalah gaya bahasa yang terdapat pada jiwa seseorang. Setiap orang mempunyaigaya bicara atau idiolek nya tersendiri. Oleh karena itu kita dapat dengan mudah mengenal seseorang hanya dengan mendengarkan suaranya saja meskipun kita tidak sedang melihatnya.


Jenis yang kedua yaitu dialek. Dialek ialah gaya berbicara dari suatu kelompok atau dari daerah tertentu. Nah seperti contoh dialek rombongan medan sangat berbeda dengan warga yang berada di daerah aceh. Oleh karena itulah kita dengan sangat mudah menebah seseorang yang berdialek batak tentu berasal dari batak.


Berikutnya dalah Kronolek Nah kronolek adalah pengertian dari ragam bahasa yang digunakan pada masa tertentu seperti pada masa sukarno yang gaya bahasa mereka sangat berbeda untuk jaman sekarang, dan mungkin juga karena terpengaru atau sedikit terbawa bahasa belanda saat itu.

Kemudian ada  juga yang dikatakan dengan sosiolek, nah sosiolek ini adalah jenis bahasa yang cenderung digunakan bergantung pada status sosial, misalnya bahasa para petinggi dengan, atau bahasa para juragan juragan kaya yang cenderung lebih mengutamakan karismatiknya. Atau juga bahasa orang yang berstatus rendahan, mereka juga memiliki bahasa khas nya sendiri.


Dan yang terakhir adalah fungsiolek, fungsiolek ini yaitu bahasa yang digunakan untuk kepentingan kepentinga tertentu misalnya bahasa dibidang jurnalistik, militer, atau mungkin di bidang bisnis.

Nahh itulah beberapa penjelasan tentang macam macam dari bahasa indonesia dan juga beberapa istilah istilahnya.,,,
Previous
Next Post »